Pupuk NPK Organik Cap Rumpun Bambu

Pupuk NPK Organik Cap Rumpun Bambu
Produksi KSU Karya Bangsa Berdikari

Sampel Pupuk

Sampel Pupuk
Sampel pupuk kemasan 50 kg

Sampel Pupuk

Sampel Pupuk
Bentuk tabur, Warna hitam kecoklat coklatan

21 November 2009

BANYAK PETANI DI ACEH SUDAH BERALIH KE PUPUK ORGANIK dan KURANGI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA

December 2009, 10:12

Petani Diarahkan Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia
Administrator - Kutaraja
JANTHO - Puluhan petani di Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Selasa (8/12), mengikuti sosialisasi penggunaan pupuk organik, sekaligus mengurangi penggunaan pupuk kimia. Kegiatan itu digelar oleh Koperasi Tata Rimba, dengan melibatkan unsur pemerintahan, dan trainer dari perusahaan Tiens Cabang Medan. Lasmaria Sihombing yang memberi training pada kegiatan tersebut mengungkapkan, penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus pada lahan pertanian akan membuat lahan tersebut kekeringan. Selain itu, juga akan mengurangi unsur hara pada tanah.

“Karena itu, sebelum menggunakan pupuk kimia, petani perlu melakukan pemupukan dengan pupuk organik untuk mengikat unsur hara dalam tanah. Ini dapat menghemat penggunaan pupuk kimia hingga 50 persen, dan membuat tanaman lebih subur,” katanya. Pupuk organik yang bisa digunakan untuk menyuburkan mikro organisme dalam tanah seperti pupuk kompos, atau pupuk organik cair jenis TGH. Penggunaan pupuk organik itu, tetap dibarengi dengan pemberian pupuk kimia dalam jumlah kecil.

Menurutnya, selama ini petani hanya mengandalkan pupuk kimia untuk meningkatkan produksi pertanian. Padahal, penggunaan pupuk kimia secara terus menerus dapat mengurangi kesuburan tanah, karena mematikan mikro organisme yang ada. “Tanaman yang ditanam tetap menghasilkan, namun lama-kelamaan produksinya akan menurun. Tanaman yang murni menggunakan pupuk kimia, buahnya pun akan cepat busuk. Untuk itu petani harus mengurangi penggunaan pupuk kimia, dan mengimbanginya dengan pupuk ramah lingkungan,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Tata Rimba, Azwir Basyah menambahkan, pihaknya sengaja mengundang trainer dari perusahaan pupuk Tians yang mengembangkan pupuk organik cair itu, karena telah membuktikan bahwa penggunaan pupuk tersebut mampu meningkatkan produk pertanian hingga tiga kali lebih banyak dari produksi sebelumnya. “Kami ingin petani yang lain juga mengetahui cara mengolah tanah dan menggunakan pupuk dengan benar. Sehingga mereka bisa meningkatkan produk pertanian, sekaligus menghemat biaya produksi,” tambahnya.(th)

Sumber: HR. Serambi Indonesia

No comments: